10 Tips Yang Wajib Dilakukan Agar Lolos Seleksi CPNS 2018

Lolos seleksi CPNS yakni sebuah impian dari semua para pendaftar yang ikut dalam seleksi CPNS tiap tahunnya. Setiap orang yang berniat untuk menjadi pegawai negeri sipil berharap untuk bisa lolos tes seleksi CPNS, Calon pegawai mesti berusaha keras dalam setiap tahapan yang akan menjalani agar lolos dalam tes seleksi.

Jika anda lolos dari tes seleksi CPNS, tentu anda harus mensyukuri hal itu disebabkan memang selain sulit untuk didapatkan dan harus bersaing dengan banyak peserta tes lain. Apalagi, bila dapat lolos murni tanpa adanya sogokan (suap) itu dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi anda ditengah kepercayaan masyarakat yang saat ini begitu kecil untuk mempercayai bahwa tes CPNS itu berlangsung secara tranparan terbuka dan akuntabel.

Semenjak digunakannnya sistem CAT ( Computer Assited Test ), semua persepsi tentang tindakan korupsi dalam penyelenggaraan seleksi CPNS mulai mengalami perubahan disebabkan sistem CAT ini bisa menutup kesempatan bagi para oknum yang beritikad mencari keuntungan pribadi dalam momen penyelenggaraan CPNS tiap tahunnya.


Para oknum tidak akan dapat mempunyai kesempatan untuk memanipulasi disebabkan nilai yang diperoleh peserta tes langsung bisa dilihat beberapa detik saat sesudah selesai mengerkan soal tes CPNS di waktu pelaksanaan tes CPNS yang selenggarakan.
Kala ini, banyak calon pegawai yang kerap kali memerlukan tips dalam mengahadapi tes CPNS serta lolos dengan nilai memuaskan ( masuk dalam passing grade yang tentukan. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat anda gunakan agar lolos tes CPNS 2018 :

1. Memastikan Persyaratan Sudah Lengkap Saat Mendaftar
Jika keinginan anda untuk menjadi pegawai negeri sipil ( PNS ) bisa terwujud, maka persiapan yang matang tentu sangat diperlukan. Anda harus mempersiapkan kemampuan diri untuk menghadapi serta mengikuti berbagai tahapan tes seleksi CPNS. Tidak hanya itu, anda juga mesti mempersiapkan persyarakat serta beberapa kelengkapan administrasi yang juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti. Hal ini dilakukan agar anda lolos dalam tahap seleksi administrasi.

2. Pelajari Kisi - Kisi Tes CPNS
Sebelum seleksi CPNS dimulai, biasanya dari pihak Kementrian PANRB memberikan kisi - kisi tentang seleksi dan materi yang akan keluar saat tes seleksi berlansung. Pastikan anda membaca dan memahami kisi - kisi tersebut dengan teliti dan baik.
Berlatih mengerjakan soal - soal tes CPNS sebelumnya
Anda bisa berlatih mengerjakan soal - soal tes CPNS yang sempat dipakai untuk seleksi sebelumnya. Anda bisa menjumpai contoh soal tersebut dari toko buku yang menjual buku kumpulan soal - soal tes CPNS atau dapat juga meminjam kepada teman, saudara atau keluarga yang sempat mengikuti tes seleksi CPNS sebelumnya serta mempunyai buku tersebut. Dalam beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang sempat diujikan dalam tes seleksi CPNS sebelumnya dengan mendownload file dari link yang diberikan atau ada juga situs yang menyediakan contoh soal berserta jawabannya. Contohnya di contoh soal CPNS 2018 serta Latihan Soal CPNS. Anda dapat mengerjakan soal - soal tersebut sambil meningkatan kemampuan anda.

3. Menghitung Waktu Dalam Mengerjakan Soal
Dalam beberapa tahapan tes seleksi CPNS, ada yang namanya Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes ini dilakukan untuk menilai calon pegawai dalam kemampuan verbal. Kemampuna verbal merupakan kamempuan calon pegawai dalam menyampaikan informasi baik secara lisan ataupun tulisan. Selain itu, tes ini juga dikerjakan untuk menilai calon pegawai dalam kemampuan numerik. Kemampuan ini merupakan kemampuan calon pegawai dalam melakukan operasi, perhitungan angka, serta melihat hubungan antara angka - angka.
Ketika anda berlatih mengerjakan soal tes CPNS, anda juga butuh menghitung waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan soal tersebut. Hal ini dikerjakan supaya anda bisa membagi waktu mengerjakan serta benar - benar dapat memanfaatkan waktu tes yang ditentukan dengan baik serta bijak.

4. Mempelajari Seluk Beluk Posisi PNS Yang Diinginkan
Lakukanlah riset mengenai seluk beluk posisi yang anda inginkan sebagai calonm pegawai negeri sipil. Pelajari seluk beluk posisi tersebut sebanyak - banyaknya supaya rasa panik yang kemungkinan akan melanda diri anda runtuk serta akhirnya percaya diri dengan posisi yang diinginkan. Hal ini amat penting supaya anda mempunyai senjata yang mujarab untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi ketika menjalani tes CPNS 2018 nanti.

5. Mempersiapkan Kesehatan Tubuh & Mental
Jantung yang terus berdegup kencang, pikiran yang tidak tenang (panik ), serta sikap khawatir merupakan contoh yang kerap kali dialami orang yang akan menghadapi tes masuk kerja. Hal ini merupakan hal yang lumrah serta bisa saja mengganggu anda untuk mengerjakan tes dengan maksimal. Jadi, supaya terhindar dari hal ini pastikan sebelumnya kondisi tubuh serta mental anda alam kondisi terbaik serta benar - benar siap untuk menghadapi tes. Olahraga serta tidur yang cukup dapat menjadi solusi untuk anda serta membuat anda makin siap menghadapi tes seleksi CPNS 2018.

6. Jujur Saat Mengisi Tes Kepribadian
Dalam beberapa tahapan tes seleksi CPNS, ada juga yang namanya Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini bertujuan untuk menilai integritas diri, kamuan, semangat berprestasi, kreativitas serta inovasi, kemampuan beradaptasi, orientasi pada pelayanan, orientasi orang lain, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan berkerja mandiri dan tuntas, serta kemampuan belajar berkelanjutan dari calon pegawai.
Disebabkan tes ini bersifat pribadi, maka pastikan jawaban yang ada isi benar - benar jujur serta tidak berbohong sedikitpun. Hindari juga jawaban yang mengada - ada cuma agar lolos serta diterima menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

7. Survey Lokasi Tes dan Tatacara Tes
Datang ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan serta memastikan dimana lokasi tempat tes merupakan hal yang sangat perlu dilakukan. Jangan sampai diwaktu hari H anda kehabisan waktu serta kebingungan hanya untuk mencari lokasi CPNS ataupun bingung dengan tatacara tesnya. Apalagi sekarang telah menggunakan sistem CAT, anda mesti benar - benar paham atau mengerti tatacara tes seleksi CPNS 2018.

8. Disiplin Saat Tes
Bilamana anda terlambat datang pada waktu tes seleksi CPNS 2018 berlangsung, tentunya peluang anda untuk dapat lolos tes akan sedikit berkurang. Waktu yang ditentukan sudah berkurang. Anda juga tidak dapat berkonsentrasi dalam menjawab soal serta semua persiapan anda untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018 ini akan sia - sia. Datang sejam lebih awal mulai ditentukan bisa menjadi solusi anda supaya lebih rileks serta tidak tergesa - gesa mengerjakan soal.

9. Tidak Cepat Menyerah
Sangat jarang memang yang baru pertama kali ikut tes CPNS langsung lolos. Akan tetapi harus yakin meskipun ini menjadi perdana ataupun sudah beberapa kali untuk bisa lolos tes seleksi CPNS 2018 dan impian menjadi pegawai negeri sipil bisa terwujud.


10. Berdoa
Wajib bagi umat beragama untuk senantiasa selalu berdoa jika menginginkan keberhasilan dalam sebuah usaha yang sedang dirintis serta dijalankan. Doa adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan rohani serta aspek agama. Lepas dari itu, doa restu dari kedua orang tua juga merupakan keharusan dalam mencapai keberhasilan suatu usaha. Contohnya saja doa untuk keberhasilan dalam mengikuti seleksi CPNS 2018. Doa anda serta kedua orang tua anda sangat berpengaruh dalam usaha anda untuk mencapai keberhasilan tes seleksi CPNS 2018 ini.

Itulah tips agar lulus tes CPNS, tanamkan kejujuran pada hati agar pekerjaan anda berguna dan bermanfaat bagi negara:)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel